jomblo

Sebuah Komedi Cinta JOMBLO merupakan film layar lebar yang bertemakan komedi cinta, bukan komedi slapstick, tapi lebih cenderung ke komedi situasi. Sang produser muda Mitzy Christina untuk penggarapan film ini mempercayakannya kepada seorang sutradara muda sarat pengalaman yaitu Hanung Bramantyo. Film yang diadaptasi dari novel berjudul “Jomblo” juga, untuk penulisan skenarionya Hanung berkolaborasi dengan Salman Aristo dan penulis novelnya sendiri Adhitya Mulya.

Yang sangat menarik dari film ini adalah soal penokohon para castingnya, yang masing-masing punya karakter sendiri yang disebut sebagai JOMBLOlogy. Dalam film ini ada 4 tokoh utama pria dengan karakter sesuai dengan type Jomblology nya mereka.

Yang pertama adalah tokoh Agus yang merupakan Jomblo Type A (Jomblus Underdogus). Merupakan type cowo jomblo yang sangat sulit untuk dapetin cewek, ditambah dengan dengan nasib sial yang selalu setia mendampinginya. Jomblo type ini akan langsung loncat pada kesempatan mendapatkan cewek tanpa berfikir panjang. Ciri karakter ini adalah: penampilan pas-pasan, aura negatif, pribadi menarik, harga diri rendah. Untuk memerankan tokoh ini dipilih pendatang baru tapi sangat berbakat Ringgo Agus Rahman.

Kedua adalah Tokoh Doni-Jomblo Type B (Jomlus Playboynus) type cowok Jomblo yang diidam-idamkan cewek. Diberbagai kesempatan malah dia menolak cewek-ccewek. Sampai suatu hari dia memutuskan untuk berkomitment. Ciri karakter ini adalah: penampilan menarik, aura magnetic, jago speak-speak, takut terikat. Tokoh ini diperankan oleh Christian Sugiono.

Ketiga – tokoh Olip-Jomblo type C (Jomblus Misterius) merupakan type cowok jomblo yang pemalu dan kurang percaya diri. Dia tidak pernah punya keberanian untuk mengungkapkan perasaannya kepada pujaan hatinya. Ciri karakter ini adalah: potensi tinggi, alat komunikasi lemah, pemburu jarak jauh, dan plin plan. Olip ini diperankan oleh Rizky Hanggono.

Ke-empat tokoh Bimo-Jomblo type D (Jomblus Ditolaktrus) adalah type cowok jomblo yang paling memprihatinkan, dan selalu ditolak cewek, namun tak pernah menyerah. Kemauannya keras meskipun penampilan tidak memadai. Ciri karakter ini : penampilan tidak memadai, invisible bagi lawan jenis, perilaku tidak jelas, dan lain dari yang lain. Tokoh ini diperankan oleh salah satu aktor terbaik kita yaitu Dennis Adishwara.

Selain keempat tokoh cowok diatas film ini juga diperkuat oleh tokoh-tokoh cewek yang sangat menarik.

Yaitu Asri yang diperankan oleh Rianti Rhiannon Cartwright (VJ), dengan karakter cewek jutek, seorang clubbers, tapi berpenampilan sangat anggun kalau ke kampus.

Tokoh Lani yang diperankan oleh Nadia Saphira, dengan karakter seorang cewek yang tegas, cerdas, manja, dan berfikiran simple.

Rita diperankan oleh Richa Novisha dengan karakter seorang cewek yang keibuan, sabar, pencumburu, cerdas, tapi agak cerewet.

Lalu masih ada tokoh Feby yang dimainkan oleh seorang model terkenal Karenina.